Aman Mana, Mudik dengan Kendaraan Umum atau Pribadi?

Rabu, 29 Juni 2016 - 21:06 WIB
Aman Mana, Mudik dengan...
Aman Mana, Mudik dengan Kendaraan Umum atau Pribadi?
A A A
JAKARTA - Bagi masyarakat Indonesia, mudik telah menjadi tradisi lebaran. Berbagai cara kerap dilakukan untuk bisa pulang kampung, berkumpul bersama keluarga besar di momen Idul Fitri. Ada yang menggunakan kendaraan pribadi dan transportasi umum. Lalu, mana yang lebih aman?

Untuk kendaraan pribadi, baiknya tidak menggunakan kendaraan roda dua untuk jarak yang jauh. Akan tetapi Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr M Adib Khumaidi SpOT menjelaskan, menggunakan kendaraan umum lebih aman dibandingkan kendaraan pribadi.

"Kalau dilihat dari segi safety trip, angka kecelakaan pada kendaraan pribadi lebih banyak. Kendaraan umum biasanya memakai 2 supir dan berhenti secara teratur di rest area," kata Adib di Jakarta.

Sayang, menggunakan kendaraan umum tidak bisa membuat penumpang dengan leluasa berhenti, baik untuk istirahat, buang air atau makan. Menggunakan kendaraan umum juga lebih berisiko tertular penyakit.

"Misalnya di dalam bus ada yang kena flu, risiko tertular sangat besar karena sirkulasi udara yang terbatas," ujarnya.

Sementara, jika ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi, Adib menyarankan untuk menyediakan supir tambahan dan rutin beristirahat di rest area. Selain itu memperhatikan kesehatan. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang mudik menggunakan pesawat.

"Untuk yang naik pesawat, cegah kram atau pegal-pegal usai duduk di dalam pesawat dengan lakukan gerakan ringan. Pada dasarnya, kondisi fisik yang prima, serta istirahat cukup adalah dua bekal utama saat mudik," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0999 seconds (0.1#10.140)